GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

Wawancara Kang Tipu: Pura-Pura Bilang Dapet Undian

Wawancara Kang Tipu: Pura-Pura Bilang Dapet Undian
GoPay · 7 Feb 2018

TANYA: Kami mendapat informasi bahwa Anda adalah salah satu oknum yang paling sering melakukan aksi penipuan digital. Sebelum kita bahas aksi Anda, sebenarnya dari mana asal sebutan Kang Tipu? Itu julukan atau nama Anda sebenarnya?

JAWAB: Iya julukan. Awalnya gara-gara saya sering dimarahin sama korban yang saya tipu. Pada bilang “DASAR TUKANG TIPU!!!”. Saking seringnya nipu, saya lebih sering denger omongan itu daripada orang manggil nama asli saya. Ya udah saya singkat aja namanya biar gak kepanjangan. Gitu.

T: Sudah berapa lama melakukan aksi penipuan, Kang?

J: Ya kalo nipu udah dari jaman bocah. Tapi kalo nipu yang bikin dapet duit udah bertahun-tahun kayanya. Gak inget juga saya.

T: Di era digital ini, sistem keamanan makin ketat dan berlapis untuk mencegah tindakan kriminal atau aksi penipuan. Bagaimana Kang Tipu menghadapi sistem keamanan digital?

J: Iya nih. Sekarang lebih kagok kalo mau tipu-tipu. Misalnya GO-PAY. GO-PAY kan ada pengamanan pake kode verifikasi atau OTP tuh. Yang kaya gini nih… bentar ya…<Kang Tipu memperlihatkan tampilan kode verifikasi/OTP di handphonenya kepada penanya>.Nah, jadi saya nipu korban buat dapetin si kode rahasia ini dari mereka. Ini yang saya incer.

T: Bisa dijelaskan cara Kang Tipu menipu para korban untuk mendapatkan kode verifikasi atau OTP mereka?

J: Saya biasanya tipu-tipu lewat telepon.Saya pura-pura bilang kalo mereka dapet hadiah undian kayak GO-PAY gratis misalnya. Abis itu mereka nurut-nurut aja tuh kalo saya suruh ini-itu. Kaget kali ya dikira dapet rejeki nomplok.

T: Biasanya minta para korban untuk melakukan hal apa saja, Kang?

J: Macem-macem. Karena saya ngincer kode verifikasi atau OTP mereka yang dikirim lewat SMS,saya bisa aja langsung nanya apa isi SMS-nya. Ada aja tuh yang langsung ngasi tau isinya ke saya. Hahahaha! Atausaya pura-pura bilang kalo kode verifikasi itu sebenernya jumlah pajak undian dan harus ditransfer lewat ATM sekarang juga biar saya bisa transfer GO-PAY ke mereka. Kalo udah gitu, kena tipu deh.

T: Seberapa penting kode verifikasi atau OTP ini untuk Anda dapatkan dari para korban?

J: Wah penting banget! Soalnya kode verifikasi atau OTP kan gunanya buat akses akun GO-PAY mereka. Jadi kalo kode verifikasi atau OTP mereka dikasih ke saya, ya saya bisa bebas masuk ke akun GO-PAY mereka. Kalo udah masuk, ya saya sikat abis lah duitnya, saya transfer GO-PAY dia ke akun saya.

T: Menurut Anda mengapa para korban bisa semudah itu memberikan kepada Anda kode verifikasi atau OTP mereka yang harusnya bersifat rahasia?

J: Nah itu dia saya juga bingung. Hahahaha! Padahal udah ada peringatan di dalem SMS mereka kalo kode verifikasi atau OTP itu sifatnya rahasia. Gak boleh dikasih tau ke siapa-siapa. Intinya cuma si penerima SMS dan Tuhan doang yang boleh tau isi kode verifikasi atau OTP. Ya kan?

Nantikan WAWANCARA DENGAN KANG TIPU episode berikutnya.

Pastikan Anda selalu merahasiakan kode verifikasi/OTP Anda demi keamanan akun GO-PAY Anda. Karena GO-JEK tidak pernah memintakode OTP/verifikasi/password untuk alasan apapun.

Untuk pengaduan konsumen atau mengetahui info lebih lanjut, hubungi Customer Service di nomor 021-5025 1110atau customerservice@go-jek.com.