logo
Home
/
Blog
/
gomart
/
Rayakan Galungan dan Kuningan Tanpa Repot dengan GO-MART!
Rayakan Galungan dan Kuningan Tanpa Repot dengan GO-MART!
gomart / 24 Feb 2024

Om Swatiastu! Tidak terasa sebentar lagi warga Bali akan merayakan hari raya Galungan dan Kuningan. Kedua perayaan ini merupakan wadah dan kesempatan bagi warga Bali dan masyarakat Hindu untuk memberikan ucapan syukur kepada para leluhur yang terhormat karena banyaknya kebaikan yang didapatkan oleh manusia, yaitu seluruh hal yang ada di dunia, baik itu sumber daya alam, tumbuhan, hewan, dan karunia lainnya yang diberikan oleh para leluhur untuk kehidupan manusia. Tentunya dalam rangka menyambut perayaan Galungan yang dimulai pada tanggal 7 September yang diakhiri dengan Kuningan pada tanggal 17 September 2016, akan ada banyak perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk perayaan ini. Bagaimana ya caranya agar tidak lupa dan repot saat mempersiapkan hari raya ini? Apa saja sih kebiasaan yang sering dilakukan untuk merayakan hari raya Galungan dan Kuningan?

Hal utama yang menjadi ciri khas perayaan ini adalah adanya Penjor. Penjor adalah hiasan yang terbuat dari bahan bambu dan didekorasi dengan daun kelapa muda yang biasanya setelah didekorasi, hiasan ini akan diletakkan di sepanjang jalan raya atau di depan rumah warga Bali.

Selain Penjor, warga Bali juga menyiapkan sesajen yang biasanya berbentuk makanan, buah-buahan, maupun bunga untuk dipersembahkan sebagai ucapan terima kasih kepada para leluhur. Tak hanya itu, biasanya warga Bali juga menyiapkan dupa untuk dibakar di bagian depan rumah mereka.

Perayaan Galungan dan Kuningan biasanya juga diisi dengan kegiatan mengunjungi keluarga dan sanak saudara untuk saling bersilahturahmi dan biasanya banyak makanan-makanan enak dan khas yang disiapkan untuk disajikan kepada keluarga yang datang. Makanan khas yang biasanya disiapkan adalah lawar dan juga sate lilit Bali yang menjadi favorit tidak hanya di Bali saja, tapi di kota-kota lain di Indonesia.

Banyaknya acara dan juga perayaan yang dilakukan terkadang membuat lupa akan satu dan lain hal. Apabila Anda warga Bali yang akan merayakan hari Galungan dan Kuningan, Anda tentunya harus siap dengan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk menyambut perayaan ini. Kali ini GO-MART hadir sebagai solusi bagi warga Bali untuk menyediakan berbagai hal penting dan juga perlengkapan acara hari raya Galungan dan Kuningan. GO-MART memberikan lima piihan pop-up store yang bisa Anda gunakan untuk membeli berbagai macam keperluan untuk upacara dengan lebih praktis. Sekarang bagi Anda warga Bali tidak perlu khawatir apabila lupa membeli sesuatu ataupun tidak sempat untuk belanja perlengkapan, Anda bisa mendapatkan segala keperluan hari raya dengan satu klik dan driver GO-JEK langsung mengantar barang belanjaan ke tempat Anda.

Selamat merayakan hari raya Galungan dan Kuningan dengan penuh syukur dan sukacita. GO-MART akan siap memenuhi kebutuhan hari raya Anda.