logo
Home
/
Blog
/
gojek
/
Tempat Nongkrong saat Liburan di Semarang
Tempat Nongkrong saat Liburan di Semarang
gojek / 24 Feb 2024

Hai Gojekers!

Orang Indonesia sepertinya memang suka sekali duduk sambil ngobrol dan bersosialisasi. Makanya, tren coffee shop ataupun nongkrong di bar sepertinya nggak akan pernah surut. Bukan cuma sajian makanan dan minuman yang bikin perut makin keroncongan. Tempat nongkrong di Semarang masa kini pun menawarkan suasana desain yang membuat pengunjungnya betah lama-lama sambil sekalian foto-foto untuk Instagram.

Kalau kamu berencana jalan-jalan ke Semarang, dan penasaran tempat mana aja yang paling pas untuk menghabiskan waktu sambil menikmati sajian lezat, kamu bisa coba beberapa rekomendasi kami. Liburan kamu nggak pake repot hanya dengan satu aplikasi. Pergi nongkrong ke mana aja pakai GoRide atau GoCar kalau ramai-ramai. Jangan lupa bayar pakai GoPay karena kamu bisa split bill juga. Kamu juga bisa pesan antar makanan dan oleg-olehmu pakai GoFood.

Rekomendasi Tempat Nongkrong Di Semarang Paling Nyaman

Spiegel Bar & Bistro
Interior Spiegel Bar & Bistro (Dok. Instagram Spiegel Bar & Bistro)

Menikmati cocktail racikan para bartender andal di sambil duduk santai di Spiegel Bar & Bistro memang membuat kita merasa sedang berada di dataran Eropa pada abad ke-18. Bar ini menyulap gedung berusia 120 tahun di kawasan Kota Semarang Lama menjadi sebuah bar industrial tanpa meninggalkan bentuk arsitektur aslinya yang bergaya Eropa lama.

Sebelum menjadi Spiegel Bar & Bistro, dulunya bangunan ini merupakan gedung serbaguna yang sering digunakan sebagai venue acara lokal. Buat kamu bersantai dan sedikit menghindar dari panasnya Kota Semarang atau buat kamu yang suka sajian Western food sambil foto-foto dengan nuansa tempo dulu, cobain Spiegel Bar & Bistro yang berlokasi di kawasan Kota Semarang Lama.

Kalau kamu mampir ke Spiegel Bar & Bistro, coba pesan beberapa sajian khas dari beragam negara, seperti Grilled Cuban Baby Corn, Patata A La Brava, Chicken Prawn Dumplings, atau Tempura Oyster sambil ditemani cocktail yang menyegarkan.

Lokasi: Kota Lama, Jl. Letjen Suprapto No.59, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

The Tavern
Wagyu Steak (Dok. The Tavern)

Kebanyakan orang yang pertama kali datang ke cafe ini bisa jadi kebingungan karena lokasinya yang terletak di lantai tiga tempat pencucian mobil. Eits, jangan salah! Cafe di kawasan Jalan Rinjani ini diam-diam menawarkan suasana cafe yang industrial didominasi elemen bata, besi, dan kaca yang membuat cafe ini cocok buat sesi foto-foto kamu.

Kalau kamu berkunjung ke The Tavern, pastikan coba sajian western food yang jadi menu andalan. Salah satu menu yang paling banyak dipesan sekaligus jadi rekomendasi banyak pengunjung adalah steak wagyu-nya yang lezat, lebih lengkap lagi jika dilengkapi The Tavern Signature Squash yang menyegarkan. Dengan nuansa dan makanan lezat, The Tavern menawarkan harga sajian yang masuk akal.

Lokasi: Jl. Rinjani No.1, Bendungan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232

Anak Panah Kopi
Es Kopi Maling Susu (Dok. Instagram Anak Panah Kopi)

Di tengah menjamurnya warung kopi di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Semarang juga menolak ketinggalan. Salah satu cafe yang paling diserbu pengunjung saat ini adalah Anak Panah Kopi. Cafe ini memang baru buka 2018 lalu, tapi popularitasnya langsung melejit karena tempat ini terkenal banget dengan citarasa dan harga yang cocok buat mahasiswa. Nggak heran cafe ini sering jadi tempat ngumpul atau tempat ngerjain tugas kelompok karena punya ruangan besar yang luas.

Kalau kamu kebingungan mau pesan apa, coba deh Es Gajah Maling Susu atau Es Kopi Maling Susu yang konon jadi juara karena harganya yang Rp15 ribu aja.

Lokasi: Jl. MT. Haryono No.681, Wonodri, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242

Lot 28 Coffee & Bar
Interior Lot 28 Coffee and Bar (Dok. Instagram Lot 28 Coffee and Bar)

Berlokasi di daerah Singosari, Lot 28 Coffee & Bar jadi favorit karena tempatnya yang nyaman. Dekorasi hitam-putih bertema vintage dengan dominasi batu bata dan kayu pun jadi alasan kenapa kamu yang suka foto-foto cocok mampir ke sini.

Buat kamu yang suka ngopi bisa memilih bagian depan yang merupakan cafe. Kalau kamu yang suka nongkrong sambil menikmati ragam minuman racikan, di bagian belakangnya terdapat bar dengan menu pilihan menyegarkan buat cuaca Semarang yang panas. 

Lokasi: Jl. Singosari Raya No.28, Wonodri, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242

Kofitiere
Sajian 3D art latte Kofitiere (Dok. Instagram Kofitiere)

Selain menawarkan suasana nyaman yang “instagram-friendly”, Kofitiere 

Cafe yang berlokasi dekat dengan kampus Pascasarjana Universitas Diponegoro Peleburan ini juga konsisten dengan namanya. Mereka menyajikan beragam sajian kopi termasuk konon menjadi salah satu coffeeshop pertama di Semarang yang menawarkan konsep 3D art latte.

Suasana di cafe ini dibuat nyaman dengan alunan musik yang menenangkan. Cocok banget buat kamu yang mau ngobrol santai atau sekedar mengerjakan tugas dan pekerjaan di luar kantor. Belum lagi kamu bisa pilih ingin duduk di dalam ruangan berpenyejuk udara, atau mau duduk santai di luar sambil menikmati angin teduh Semarang.

Ohana Cafe
Berry Waffle (Dok. Instagram Ohana Cafe)

Sesuai dengan namanya yang punya arti keluarga dalam bahasa Hawaii, Ohana Cafe memang cocok buat kamu sekeluarga yang lagi jalan-jalan di Semarang. Arsitekturnya yang minimalis ini memang bikin kamu betah serasa di rumah.

Cafe yang berlokasi di kawasan Jalan Sisingamangaraja ini ramai dikunjungi pada akhir pekan, saat di mana pengunjung betah duduk berlama-lama menikmati sajian yang didominasi sajian Western dan Asian food ini. Kalau kamu datang berkunjung ke Ohana Cafe, pastikan kamu coba menu Beef Tataki dan Berry Me Waffle-nya. Kalau kamu suka makanan Nusantara, kamu bisa coba Iga Bakar Nasi Hijau. Dijamin kamu pesan berkali-kali sambil duduk betah berlama-lama.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja No.36, Kaliwiru, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50253

Folkafe
Interior Folkafe (Dok. Instagram Folkafe)

Folkafe mungkin akan banyak mengingatkan kamu akan cover majalah seni dan desain bergaya slow lifestyle. Nah, membayangkan nyamannya gambaran itu kurang lebih mirip dengan suasana yang digambarkan cafe yang berlokasi di Jalan Dr. Setiabudi ini.

Kamu bisa memilih mau duduk di area indoor atau outdoor, karena keduanya sama-sama nyaman. Folkafe juga punya website sendiri untuk memperkenalkan konsep coffeeshop-nya dengan desain yang clean dan minimalis. Kalau kamu sedang berkunjung ke Semarang, jangan lupa pesan kopi susu signature-nya: Folka! Dijamin kamu lupa waktu betah nongkrong lama-lama.

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi no 79, RT 002/RW 009 Kecamatan Banyumanik, Kelurahan, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263