GOJEK App

One app for every need

Warung Ma'Kita: Kuliner Khas Manado

Warung Ma'Kita: Kuliner Khas Manado
GoFood / 17 Dec 2015

Olahan ayam selalu menarik untuk disantap. Ada beragam macam kuliner Indonesia yang menjadikan ayam sebagai bahan utama. Didukung dengan bumbu hasil rempah-rempah asli Indonesia semakin memperkaya cita rasa masakan. Di Manado, Sulawesi Utara ada Ayam Woku, olahan ayam ini begitu kaya akan bumbu dan rempah.

Woku merupakan bumbu masakan khas Manado yang kaya rasa dan memiliki aroma yang khas. Ada berbagai jenis bumbu yang dipersiapkan untuk membuat woku.

Meskipun berkuah kekuningan tapi woku tidak menggunakan santan seperti opor. Namun cara membuat ayam woku pun bervariasi. Rempah daun yang menjadi kunci dalam bumbu woku antara lain daun jeruk, daun kemangi, daun kunyit, daun bawang dan serai.

Aneka bahan dan bumbu yang digunakan memang banyak sehingga menghasilkan cita rasa masakan yang lezat dan otentik.

Mengolah ayam woku sebenarnya sederhana dan proses memasaknya tidak membutuhkan waktu lama. Ada yang memasaknya dengan kuah kental atau dengan kuah yang lebih banyak dan encer semuanya itu kembali ke selera masing-masing.

Sajian ayam woku yang bisa ditemui di Jakarta antara lain di Warung Ma’Kita. Di tempat ini menyediakan beberapa masakan Manado. Ayam woku nikmat disajikan bersama nasi hangat. Rasa kuahnya yang segar terasa sekali rempah bumbunya, harum dan ada rasa pedasnya meski tidak dominan. Kekuatan dari aroma daun kemangi begitu kuat dan menggugah selera makan.