logo
Home
/
Blog
/
gofood
/
Pisang Ijo Si Nona: Si Manis dari Makassar
Pisang Ijo Si Nona: Si Manis dari Makassar
gofood / 05 May 2017

Es Pisang Ijo, kudapan asli Makassar ini banyak disukai karena rasanya yang manis dan segar. Ketika bulan puasa tiba es pisang ijo akan lebih mudah ditemui. Makanan yang identik dengan bulan Ramadhan ini memang banyak diburu untuk dijadikan tajil berbuka puasa. Disajikan selagi dingin dengan es serut maupun es batu akan terasa lebih nikmat saat disantap.

Pisang Ijo adalah dessert yang terbuat dari pisang dibalut dengan adonan kulit yang terbuat dari tepung beras dan sedikit campuran tepung terigu. Jenis pisang yang umum dipakai ialah pisang raja atau kepok.

Penyajian pisang ijo yang telah dikukus disiram dengan adonan berwarna putih seperti bubur sumsum dan kuah merah berasal dari sirup coco pandan. Pisang Ijo hampir mirip dengan makanan yang berasal dari Makassar juga yaitu Palu Butung. Walaupun Palu Butung tidak menggunakan adonan kulit berwarna hijau namun keduanya sama-sama menjadikan pisang sebagai bahan utamanya. 

Berada di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat Pisang Ijo Si Nona bisa menjadi pilihan melepas haus ditengah terik kota Jakarta. Suapan pertama es pisang ijo terasa segar di mulut. Kuahnya manis dan pisangnya lembut dan legit. Kuah putih yang mirip dengan bubur sumsum lumer di mulut.

Ada aroma wangi yang berasal dari sirup berwarna merahnya. Usaha yang sudah dijalani selama 4 tahun ini memang memiliki citarasa yang sangat kental dengan Makassar. Kalau tak sempat mampir ke daerah Kebon Jeruk, Es Pisang Ijo sudah ada di layanan GoFood, tinggal pesan via GoFood melalui aplikasi GoJek di ponsel GoFoodie.