GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

Jangan Sampai Basi! Ini Daya Tahan Bahan Makanan Dalam Kulkas

Jangan Sampai Basi! Ini Daya Tahan Bahan Makanan Dalam Kulkas
GoFix · 25 Sep 2018

Setelah belanja bahan makanan di pasar atau supermarket, biasanya kita langsung menyimpannya ke dalam kulkas. Tujuannya tentu saja untuk membuatnya jadi lebih awet dan menjaga kesegarannya. Namun, umur bahan makanan ini sudah tentu tidak akan selamanya.

Setiap bahan makanan memiliki daya tahan yang berbeda-beda. Selain penampilannya, rasa dan gizi juga akan berubah kalau disimpan terlalu lama. Jangan sampai bahan makanan di kulkasmu keburu basi, ketahuilah daya tahannya berikut ini!

1. Daging

Daging mentah yang telah dibekukan dalam freezer memiliki usia yang cukup panjang. Daging merah seperti sapi atau kambing memiliki masa simpan hingga 3 bulan. Sementara daging yang sudah diolah seperti ham atau sosis memiliki masa simpan 1 bulan. Kamu bisa membagi-bagi daging di beberapa wadah agar lebih praktis mengolahnya.

2. Sayur-mayur

Bahan makanan yang ini biasanya tidak bisa bertahan hingga seminggu. Untuk memperpanjang usia kesegarannya, kamu bisa membungkusnya dengan plastik atau kertas koran. Namun, sayur dengan tekstur yang keras seperti wortel bisa bertahan lama hingga 2 minggu.

3. Ikan

Ikan jenis makarel seperti salmon, tuna, dan sarden biasanya dapat bertahan maksimal 1 bulan. Sementara ikan tanpa lemak seperti kerapu dapat disimpan hingga 2 bulan lamanya.

4. Buah-buahan

Setiap jenis buah memiliki daya tahan yang berbeda. Apel, jeruk, dan alpukat dapat bertahan sekitar 3 minggu, sementara anggur hanya 1-2 minggu saja. Jika kamu membeli berry, sebaiknya segera dikonsumsi karena hanya dapat bertahan 3-5 hari saja. Buah seperti melon dan semangka yang sudah dibelah juga tidak dapat bertahan terlalu lama, hanya 7-10 hari saja.

5. Telur

Dalam kondisi mentah, telur dapat bertahan sekitar 3-5 minggu. Hindari menyimpannya ke dalam freezer. Ada baiknya kamu menyimpan telur dalam rak kulkas. Hindari memasukkannya ke dalam freezer, karena bagian putihnya akan menjadi lebih tebal teskturnya.

Sebelum meletakkan bahan makanan ke dalam kulkas, pastikan mesin kulkasmu berjalan dengan optimal. Sebab, kalau kulkasmu rusak dan jadi tidak dingin, makanan yang kamu simpan di dalamnya akan lebih cepat busuk.

Sekarang kamu #TenangAja, teknisi profesional GO-FIX bisa kamu datangkan ke rumah untuk melakukan pengecekan sekaligus tindakan jika diperlukan. Jadwal kedatangan teknisi bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk unduh aplikasi GO-LIFEuntuk mengakses layanan GO-FIX. Yuk, coba sekarang!