GOJEK App

One app of variety solutions

Bahasa Indonesia
English

3 Cara Membersihkan Dispenser Supaya Awet

3 Cara Membersihkan Dispenser Supaya Awet
GoFix · 6 Sep 2019

Keberadaan dispenser sebagai peralatan rumah tangga memang sangat penting. Salah satu manfaat dispenser adalah mempertahankan kualitas air minum agar terbebas dari bahaya kontaminasi bakteri. Selain itu, dispenser juga dapat dimanfaatkan untuk memanaskan atau mendinginkan air, supaya bisa lebih nikmat saat dikonsumsi.

Pastinya, tidak ada orang yang ingin alat-alat elektronik yang penting seperti dispenser ini sampai rusak. Cara paling tepat untuk membuat dispenser jadi awet adalah dengan merawatnya secara rutin. Bersihkan setidaknya 6 minggu sekali. 

3 Cara Membersihkan Dispenser Elektronik Supaya Awet

Sebelum mulai membersihkan dispenser, pastikan kamu telah mencabut semua kabelnya terlebih dahulu. Lalu, lakukan 3 cara berikut ini:

1. Kuras Semua Air

Saat paling tepat untuk membersihkan dispenser adalah saat air di dalam galonnya sudah habis, jadi kamu lebih mudah untuk menguras sisa airnya. Tetapi, jika masih banyak air minum tersisa, kamu bisa mengeluarkannya melalui keran atau lubang besar dispensernya. Selanjutnya, lepaskan alat penampung keluarnya air yang berada di bawah dan penyaring di dalamnya.

2. Siapkan Karbol Atau Jeruk Nipis

Dalam ember atau wadah, raciklah campuran karbol dengan komposisi 1 sdt untuk setiap 5L air bersih. Campur, lalu basahi lap kain dengan larutan tersebut, dan gunakan untuk mengelap bagian tabung. Bagian-bagian lain di dalam dispenser bisa kamu rendam di dalam larutan karbol selama kurang lebih 5 menit.

Selain karbol, kamu bisa menggunakan jeruk nipis juga. Peras jeruk nipis dan campur dengan air hangat. Kemudian, gunakan campuran tersebut untuk membersihkan tabung, alas, dan bagian lainnya. Kamu bisa menggunakan spons sebagai alat.

3. Bilas Bersih

Terakhir, bilas dispenser beserta alat penyaringnya menggunakan air bersih beberapa kali. Pastikan tidak ada sisa atau bau karbol atau jeruk nipis yang tersisa ya!  Kemudian, lap semua komponen dispenser menggunakan kain kering lainnya hingga kering sempurna. Setelah itu, kamu bisa pasang kembali seluruh komponen-komponen dispenser dan siapkan galon air mineral baru.

Untuk memudahkanmu merawat dispenser di rumah, kamu juga bisa memesan layanan GoFix. Teknisi ahli akan mengecek dan memastikan kondisi dispenser di rumahmu. Tertarik nyobain layanan GoFix? Klik aja tombol di bawah ini!