GOJEK App

One app for every need

Pada Usia Berapa Bayi Siap Diberi Makan Nasi?

Pada Usia Berapa Bayi Siap Diberi Makan Nasi?
GoDaily / 18 Jan 2019

Memperkenalkan makanan pada si buah hati harus disesuaikan dengan usianya. Dimulai dari tekstur yang lunak, lalu ditingkatkan terus kepadatannya. Banyak ahli yang merekomendasikan orang tua untuk mulai memberi makanan pendamping ASI (MPASI) saat bayi menginjak usia 6 bulan.

Sebab, pada usia ini, kebutuhan gizi bayi bertambah dan tidak dapat terpenuhi oleh ASI saja. Selain itu, pada usia tersebut bayi juga sudah mampu menggerakan lidah dan mulut, yang memudahkannya menelan makanan lebih padat.

Tahapan Kemampuan Makan Bayi

Memang setiap bayi akan diberi kemampuan yang berbeda-beda, ada yang bisa lebih cepat mengonsumsi MPASI, ada juga yang lebih lambat. Namun, secara umum, kemampuan makan bayi dapat dibagi menjadi beberapa tahapan berikut ini.

Usia 4-6 Bulan

Pada masa ini, ASI atau susu formula adalah asupan nutrisi utama bayi. Sementara, makanan padat hanya sebatas asupan tambahan. Pada usia ini, bayi bisa diperkenalkan dengan bubur sereal yang dicampur ASI atau susu formula. Selain itu, kamu juga bisa memberikan bubur buah pisang, apel, pepaya, dan ubi yang dihaluskan dengan blender.

Usia 6-8 Bulan

Rata-rata bayi pada usia ini sudah mampu duduk di kursi khusus tanpa bantuan. Kamu sudah bisa memperkenalkan sereal lunak atau bubur nasi sebagai makanan di usia ini. Kamu juga bisa memberi sayuran dan buah yang dihaluskan, kacang-kacangan, dan yogurt tanpa pemanis.

Usia 8-10 Bulan

Pada usia ini, biasanya bayi sudah mampu mengonsumsi bubur atau sereal yang didampingi dengan ASI atau susu formula. Bayi juga sudah bisa mengunyah makanan dengan tekstur yang lebih kasar. Tidak perlu dihaluskan, cukup dipotong kecil-kecil saja agar bayi tidak tersedak. Sebagai selingan, kamu juga bisa memberi biskuit bayi.

Usia 10-12 bulan

Ketika hampir menginjak usia 1 tahun, bayi biasanya sudah bisa mengonsumsi makanan yang sama dengan orang dewasa. Namun, porsi dan potongannya lebih kecil. Kacang-kacangan, telur, dan ikan juga sudah bisa diberikan. Selain nasi, susu sapi dan madu juga sudah bisa diberikan pada bayi usia ini.

Kamu juga bisa konsultasikan kondisi dan kesiapan bayi untuk mengonsumsi makanan tertentu terlebih dahulu pada dokter yang biasa menangani anak. Hal yang terpenting adalah kamu dan keluarga selalu bisa menyiapkan kebutuhan sang buah hati agar tumbuh kembangny bisa selalu terjaga.

Jangan lupa untuk selalu mengecek stok makanan kebutuhan sang buah hati di rumah seperti beras. Kamu bisa andalkan GO-DAILY untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Buka saja aplikasi GO-LIFE, lalu klik layanan GO-DAILY. Rasakan sendiri kemudahan belanja yang #GakPakeRibet!