GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

7 Manfaat Minum Air Ketumbar yang Tidak Disangka-sangka

7 Manfaat Minum Air Ketumbar yang Tidak Disangka-sangka
GoDaily · 25 Jun 2019

Kalau kita memasak, kehadiran ketumbar ini pastina penting banget. Apalagi jika kita mau memasak makanan khas Indonesia. Nggak cuma bikin lezat aja, ketumbar juga bisa menyehatkan badan, lho.

Kamu juga bisa mengonsumsi ketumbar dalam bentuk air minum. Caranya, rebus sekitar 6 gram biji ketumbar di dalam 500ml air. Kemudian, tambahkan 1sdt gula dan aduk rata. Minumlah rebusan air ketumbar ini selagi hangat. 

7 Manfaat Minum Air Ketumbar

Lalu, apa sih manfaat minum air ketumbar? Ada banyak banget hal-hal positif yang bisa kamu dapatkan dari segelas air ketumbar yang diminum 3 kali sehari. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mencegah Anemia

Manfaat minum air ketumbar yang pertama adalah untuk mencegah anemia yang diakibatkan oleh defisiensi besi, sehingga menghambat transportasi oksigen oleh darah. Biji ketumbar yang banyak mengandung vitamin dan mineral esensial, termasuk zat besi, bisa bantu kamu mencegah anemia nih!

2. Obat Batuk dan Pilek

Manfaat air ketumbar untuk mengatasi flu
Minum air ketumbar untuk mengatasi flu? Bisa!

Ketumbar memiliki kandungan asam folat, beta-karoten, vitamin A, dan juga vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kamu tidak akan mudah terserang penyakit jika rutin minum air ketumbar. Jika kamu belum pernah minum air ketumbar dan sudah keburu terserang batuk dan pilek, inilah saat yang tepat untuk mulai!

3. Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat minum air ketumbar yang lainnya adalah untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Tentu sudah tahu kan, kalau kadar kolesterol jahat di dalam darah terlalu tinggi, nantinya dapat menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung? Jangan sampai angka kadar kolesterol jahatmu terus meninggi, segeralah minum air ketumbar!

4. Obat Diabetes

Selain kolesterol, ketumbar juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah berkat kandungan seratnya. Inilah yang membuat air rebusan ketumbar disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Periksakan kadar gula darah secara rutin untuk memastikan efektivitas penggunaan air ketumbar.

5. Mengatasi Infeksi Jamur dan Bakteri

Manfaat yang satu ini tidak disangka-sangka. Rebusan air ketumbar juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk infeksi pada kulit akibat jamur dan bakteri.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan antioksidan dan serat yang terdapat di dalam biji ketumbar dapat membantu menstabilkan fungsi hati dan memfasilitasi pergerakan usus. Produksi enzim pencernaan pun dapat berjalan lebih lancar! Cobalah untuk rutin konsumsi air ketumbar secara rutin jika kamu juga ingin terhindar dari iritasi usus besar.

7. Mengatasi Menstruasi yang Tak Teratur

Bagi para wanita yang mengalami masalah menstruasi tidak teratur, bisa juga lho mengandalkan rebusan air ketumbar untuk mengatasinya. Kandungan stimulan alaminya dapat merangsang kelenjar endokrin, sehingga hormon dalam tubuh lebih seimbang.

Wah, banyak banget kan manfaat minum air ketumbar untuk kesehatan tubuh! Sebelum mempersiapkan air ketumbar, jangan lupa untuk cek stok air minum di rumah. Jika sudah habis, segera beli melalui GO-DAILY ya! Ada ukuran galon, botolan, dan gelas. Semua sesuai dengan kebutuhanmu!