GOJEK App

One app for every need

Bahasa Indonesia
English

Apa Saja yang Harus Dilakukan Saat Membersihkan Rumah Pasca Banjir?

Apa Saja yang Harus Dilakukan Saat Membersihkan Rumah Pasca Banjir?
GoClean · 20 Jan 2020

Tahun 2020 diawali dengan fenomena perubahan iklim yang mengakibatkan banjir di beberapa wilayah Jabodetabek. Bahkan, BMKG mengungkapkan fenomena ini merupakan curah hujan tertinggi sepanjang sejarah pengukuran dan pencatatan curah hujan di Jakarta.

Jika lokasi rumah kamu berada di wilayah banjir, pastikan untuk selalu waspada dengan curah hujan yang tinggi. Namun, apabila banjir sudah melanda area lokasi rumah kamu, yuk simak tips bebersih pasca banjir berikut ini!


Setelah proses pembersihan rumah dari lumpur selesai, susun kembali perabotan  dan perlengkapan rumah. Lakukan pembersihan rumah sesaat setelah banjir surut, termasuk fokus pada detail pembersihan rumah. Nah, apa saja sih yang harus diperhatikan saat membersihkan rumah pasca banjir? 

Sisa Air Banjir

Setelah cetakan banjir tumbuh dengan cepat dari 24-48 jam, jadi sebaiknya bersihkan semua kamar. Air banjir sering mengandung limbah mentah selain pestisida, bahan bakar, dan zat berbahaya lainnya. Gunakan selang bertekanan tinggi untuk membersihkan lumpur secara maksimal. 

Ruangan dan Kamar

Bersihkan ruangan, kamar tidur, kamar mandi, lantai, langit-langit hingga perabotan dan peralatan dapur menggunakan air panas dan sabun pembersih berlabel desinfektan untuk membunuh kuman.

Furnitur/Mebel

Bawalah furnitur ke luar ruangan untuk dibersihkan. Untuk kasur dan karpet atau yang berbahan kain, sebaiknya dibuang untuk mencegah tumbuhnya jamur. Lepaskan laci ke tempat yang kering dan sisihkan isinya untuk pembersihan terpisah.

Dapur

Bersihkan lantai, perabotan, dan peralatan dapur menggunakan air panas dan sabun pembersih berlabel desinfektan serta lap berbahan microfiber yang sesuai dengan perabotan kayu, stainless steel atau untuk kaca/jendela.

Pakaian

Pastikan untuk mencuci dua kali sebelum siap dipakai lagi. Bila pakaian yang telah terendam banjir dalam kondisi parah, sebaiknya sortir pakaian secepatnya untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang lebih banyak.

Untuk kondisi rumah pasca banjir dengan lumpur yang parah, kamu bisa menghubungi nomor bantuan darurat berikut:

  • DAMKAR:113
  • SAR/Basarnas:115
  • Bantuan Khusus Banjir: (021) 3459444; SMS: 085-880-001-949
  • Pusdalop BNPB: 08121237575
  • Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta: 112

Meski banjir telah surut, selalu ingat bahwa sisa-sisa lumpur dan kotoran di rumah dan sekitarnya bisa menimbulkan penyakit. Jadi usahakan untuk tidak menunda membersihkan rumah pasca banjir. 

Selain itu, rawat semua luka dan lecet akibat banjir dengan segera untuk mencegah infeksi. Bisa juga dengan mencuci tangan sesering mungkin dan mandilah dengan sabun antibakteri di akhir setiap sesi pembersihan.

Kewalahan saat membersihkan rumah usai pembersihan lumpur? Pesan GoClean aja,  mitra GoClean siap bantuin merawat rumah jadi lebih bersih dan nyaman.