Join Us

Join GO-JEK now and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

Panduan Bertransaksi Aman secara Online

Panduan Bertransaksi Aman secara Online

Hai GOJEKers, 

Banyaknya promo yang tersebar di toko online dengan kemudahan metode pembayaran online memang menggiurkan. Meskipun kemudahan dan keamanan sudah dijamin dari pihak penyedia uang elektronik, kamu pun perlu berhati-hati dalam menjaga keamanan bertransaksi secara online. Berikut kami rangkum beberapa cara aman bertransaksi secara online

Cara Pembayaran Secara Online

  • Kenali platform transaksi online-mu

Ketika melakukan pembayaran tagihan online, kamu harus jeli melihat tempat kamu berbelanja. Pahami dulu platform kamu berbelanja dan testimoni dari orang lain yang telah melakukan transaksi online sebelumnya. Baca secara seksama cara transaksi online di platform belanja tersebut. Kalau platform kamu terpercaya dan sudah banyak yang melakukan transaksi, pasti pembayaran yang kamu lakukan aman dan barang yang kamu beli akan sampai dengan aman juga! Jadi, harus jeli ya!

  • Jangan berikan informasi pribadi pada orang lain 

Ketika kamu melakukan transaksi online, pastikan bukan orang lain yang melakukan pembayaran dengan akunmu. Informasi pribadi seperti pin, nama, nomor id adalah hal yang rahasia, penting, dan cukup cuma kamu yang tahu. Kalau kamu akan melakukan pembayaran, maka kamu harus menggunakan smartphone sendiri agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Bahaya banget kan kalau misalnya kamu pakai smartphone lain atau orang lain untuk melakukan pembayaran online dengan akunmu? Nanti saldo kamu berkurang loh!

  • Gunakan jaringan pribadi ketika pembayaran online 

Kamu tahu nggak sih kalau menggunakan jaringan wifi publik itu bisa berbahaya untuk data pribadi kamu? Seperti yang dijelasin diatas, informasi pribadi itu dapat dengan mudah diakses orang lain kalau kamu tidak berhati-hati dalam menggunakan jaringan internet. Jadi, kalau kamu lagi di cafe dan ingin berbelanja online maka sebisa mungkin gunakan jaringan provider kamu untuk melakukan pembayaran online, ya! Ini penting untuk mengantisipasi data pribadi dari pembayaran online yang kamu lakukan. 

  • Pastikan keamanan akunmu dengan PIN 

Satu lagi yang nggak kalah penting adalah penggunaan PIN (Personal Identification Number) untuk mengamankan akunmu. Saat kamu menggunakan metode pembayaran online seperti GO-PAY, kamu akan diminta untuk memasang PIN. Enam digit PIN ini sangat penting karena ketika kamu mau bayar tagihan online, nomor-nomor tersebut akan membantu untuk verifikasi pembayaran kamu sehingga lebih aman ketika bertransaksi. Demi memastikan keamanan akunmu secara maksimal, jangan beritahukan nomor tersebut ke orang lain apalagi kalau ada yang menelpon kamu untuk bertanya PIN kamu. 

Sekarang, di GO-PAY kamu bisa menjaga saldomu dengan PIN dan bisa membayar apapun secara online dengan aman. Kamu hanya butuh verifikasi data pribadi kamu dengan identitas seperti KTP dan nomor telfon lalu kamu bisa langsung mengatur PIN yang mudah kamu ingat untuk setiap transaksi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca disini untuk mengetahui cara pengaturan PIN di GO-PAY

Tunggu apalagi? Download atau update aplikasi GOJEK di smartphone-mu sekarang dan lakukan pembayaran tagihan online yang aman dan #LebihBaikPakaiGOPAY!

ARTIKEL TERBARU