Join Us

Join GO-JEK now and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

Jenis dan Cara Menghitung Zakat

Jenis dan Cara Menghitung Zakat

Hai GOJEKers,

Membayar zakat merupakan salah satu Rukun Islam yang wajib dilakukan. Sudahkah kamu menunaikan kewajiban membayar zakatmu tahun ini? Sebelum kamu membayar zakat, pastikan dulu kamu memenuhi 4 persyaratannya, yakni beragama Islam, merdeka, berakal dan baligh, serta hartanya memenuhi nisab. Nisab ialah batas terendah yang telah ditetapkan secara syar’i dan menjadi pedoman menentukan kewajiban mengeluarkan zakat bagi yang memiliki harta serta mencapai ukuran tersebut.

Jika kamu sudah memenuhi keempat persyaratan tersebut dan masih bingung mengenai cara perhitungan zakat, simak jenis-jenis zakat yang wajib dibayarkan setiap tahunnya berikut ini:

Jenis-jenis Zakat dan Cara Menghitungnya

  1.  Zakat Fitrah

Disebut juga dengan Zakat Nafs (jiwa), zakat ini merupakan jenis zakat yang wajib dikeluarkan umat Islam setiap tahun di bulan Ramadan. Pemberian zakat ini dimaksudkan untuk membersihkan diri dengan kegiatan memberikan bahan makanan pokok kepada pihak yang membutuhkan. Batas terakhir bayar zakat ini hingga salat hari raya Idul Fitri.

Cara menghitung Zakat Fitrah:

  • 3,5 liter x harga beras (per liter) di pasaran.
  1.  Zakat Maal (harta)

Selain Zakat Fitrah, umat Islam juga mengenal Zakat Maal. Jenis zakat ini adalah pemberian zakat dari pendapatan umat Islam sesuai dengan nishab dan haulnya. Lebih jauh lagi, zakat ini akhirnya melahirkan banyak jenis zakat lainnya seperti zakat penghasilan, perniagaan, pertanian, hasil laut, ternak, dan lain sebagainya.Waktu bayar zakat jenis ini tidak dibatasi sehingga kamu dapat membayarkannya sepanjang tahun. Tiap jenis penghasilan umat Islam dihitung berdasarkan cara masing-masing.

Cara menghitung Zakat Mal:

  • 2,5% x jumlah harta tersimpan selama kurun waktu 1 tahun
  • Nisab = 85 x harga emas per gram
  1. Zakat Pendapatan

Zakat pendapatan atau penghasilan adalah zakat yang dikeluarkan setiap umat Islam mendapatkan penghasilan berupa harta atau uang. Sama seperti Zakat Maal, jenis zakat ini pun dikeluarkan secara tahunan. Meski demikian, kamu juga bisa mengeluarkan zakat per bulan dengan cara dicicil dengan perhitungan berbeda.

Cara menghitung Zakat Pendapatan:

  • (Pendapatan bruto per bulan x 2.5%) x 12 bulan
  • Nisab = harga beras per kg saat ini x 653

Ingin mengecek perhitungan yang sudah kamu lakukan apakah sudah sesuai dengan ketentuan dan anjuran? Kamu juga dapat  memastikan perhitunganmu dengan kalkulator zakat.

Setelahnya mendapatkan jumlah zakat yang harus dikeluarkan, yuk segera bayar zakat kamu. Pembayaran zakat dapat dilakukan ke masjid terdekat, lembaga zakat,  atau kamu juga bisa bayar zakat online aja! Sekarang kamu bisa langsung bayar zakat cukup dengan mengunjungi situs Rumah Zakat dan BAZNAS.

Begini cara bayar zakat di Rumah Zakat dan BAZNAS:

  • Kunjungi situs Rumah Zakat dan BAZNAS
  • Buka aplikasi GOJEK kamu
  • Pada halaman utama, klik Pay dan scan QR Code di website
  • Masukkan jumlah donasi dan konfirmasi
  • Masukkan PIN GO-PAY kamu
  • Yay! Kamu sudah selesai membayar zakatmu!

Setelah kamu menunaikan kewajibanmu membayar zakat, kamu pun masih bisa menebar lebih banyak kebaikan. Ingin memberikan sumbangan? Berikan sumbangan berupa uang lewat GO-GIVE aja! Dengan GO-GIVE, kamu bisa beramal kapan pun di mana pun. 

Tak hanya sumbangan berupa dana, kamu juga dapat berbagi paket berbuka puasa, hadiah lebaran atau syiar Al-Quran kepada pihak yang membutuhkan. Segera buka layanan GO-POINTS dan tukarkan poin kamu untuk beragam bentuk sumbangan yang kamu ingin berikan.

Di bulan suci ini, ada banyak kemudahan persembahan GOJEK yang bisa kamu manfaatkan untuk #CariKebaikan. Jangan lupa follow akun social media @gojekindonesia untuk informasi lainnya. Cek juga aplikasi GOJEKmu untuk mendapatkan Inspirasi Kebaikan yang mudah di aplikasi GOJEK sekarang!

ARTIKEL TERBARU