Join Us

Join GO-JEK now and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

#PastiAdaJalan Hidup Hemat ala Anak Kos

#PastiAdaJalan Hidup Hemat ala Anak Kos

Hai Gojekers,

Kamu sudah bekerja dan mendapatkan penghasilan. Secara teori, dengan telah memiliki penghasilan tetap, bujet bukan lagi menjadi penghalang kamu menikmati hidup. Hanya saja, kok setiap bulan kamu seperti menggali dan menutup lubang? Bagaimana sih caranya mengatur keuangan agar kesehatan dompetmu terjaga? Apa yang harus kamu lakukan untuk mengadopsi cara hidup hemat yang efektif apalagi ketika kamu hidup dengan tuntutan kebutuhan sesuai biaya hidup di kota besar seperti Jakarta? Eits, tenang. Kami sudah mempersiapkan siasat jitu hidup hemat ala anak kos yang bisa kamu cek di bawah ini. 

Cara hidup hemat ala anak kos:

  • Buat rencana keuangan

Cara menghemat uang yang pertama dan pastinya dapat kamu lakukan adalah dengan membuat rencana keuangan. Tentukan prioritas dalam mengalokasikan dana yang kamu pegang. Sisihkan berapa banyak biaya untuk menu sarapan, makan siang, dan makan malam. Kamu juga harus cermat mengawasi naiknya harga bahan pokok karena kenaikan ini akan berpengaruh terhadap besarnya anggaran yang harus dikeluarkan. 

  • Biasakan mencatat pengeluaran harian

Sering bertanya-tanya ke mana saja uang kamu pergi saat membuka dompet? Kamu butuh catatan pengeluaran! Biasakan dirimu mencatat segala pengeluaran harian setiap hari sebelum tidur. Kamu nggak hanya bisa memantau pengeluaran, kegiatan ini sangat membantu untuk melatih diri mengalokasikan dan memotong pengeluaran apa saja supaya dapat menghemat uang.

  • Batasi frekuensi makan di luar rumah

Nongkrong bersama teman, keluarga, atau kerabat di luar rumah memang menyenangkan, tapi kalau terlalu sering dilakukan, tentu saja kegiatan nongkrong dan makan istimewa akan membuat dompetmu sekarat. Makanya, mulai dibatasi ya frekuensi nongkrong di luar rumah. 

Sedikit tips, daripada kamu memenuhi semua ajakan nongkrong di luar, cobalah menentukan prioritas ajakan nongkrong seperti lingkar pertemanan yang lebih erat atau teman kantor. Atau kalau kamu memang sudah terlanjur bersedia datang, segera ubah saja konsep nongkrong dari ngopi di coffee shop menjadi nongkrong di taman umum atau pergi ke museum. Kamu juga bisa mengakali bujet makan dengan membuat menu hemat sehari-hari. Kuncinya adalah dengan membatasi bujet bahan makanan seperti masak dengan uang 10 ribu rupiah.

  • Manfaatkan promo dan diskon

Mengadopsi cara hidup hemat ala anak kos bukan berarti kamu harus mati-matian memangkas pengeluaranmu hingga nol rupiah dan membuat diri sendiri nggak nyaman karena kebutuhan tak terpenuhi. Kamu masih bisa kok makan enak, nonton, dan beli kebutuhanmu tanpa perlu takut dompet kempes. Manfaatkan aja promo dan diskon saat lebaran!

Dengan beragam promo yang tersedia di berbagai layanan Gojek, #PastiAdaJalan memangkas anggaran per bulan tanpa harus mengubah hidupmu jadi nggak nyaman. Mau traktir nongkrong teman atau ayah ibu makan di restoran? Bayar pakai GoPay bisa dapat cashback sampai 40%*. Mau mencicipi hidangan enak tanpa mikirin ongkir*? Pesan aja di GoFood! Mau ajak teman-teman ngabuburit nonton? Pesan aja tiketnya di GO-TIX.

Demikian cara-cara menghemat uang ala anak kos. Nggak perlu takut boros lagi, deh. Yuk ikuti beberapa cara hidup hemat serta manfaatkan promo-promo yang tersedia di berbagai layanan Gojek.

ARTIKEL TERBARU