Join Us

Join GO-JEK now and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

Makna di Balik Keseruan Lomba-lomba 17-an

Makna di Balik Keseruan Lomba-lomba 17-an

Perayaan HUT RI sebentar lagi akan tiba nih! Biasanya bakal ada banyak lomba-lomba khas 17-an yang diselenggarakan di komplek perumahan, sekolah, atau kantor. Apakah kamu tahu bahwa setiap lomba-lomba 17-an ini memiliki filosofi tersendiri?

Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Panjat Pinang

Lomba memanjat tiang dari batang pohon pinang yang dilumuri pelumas ini memang sangat populer di kala 17-an. Pasalnya, di atas tiang telah disiapkan berbagai hadiah menarik. Mulai dari kebutuhan rumah tangga sampai dengan alat-alat elektronik.

Makna penting dari panjat pinang tentu adalah semangat gotong royong dalam satu tim untuk mencapai tujuan. Selain itu, lomba ini juga menyimbolkan Bangsa Indonesia yang tidak mudah menyerah, walau kondisinya sulit.

2. Balap Karung

Lomba tradisional ini peraturannya sangat sederhana. Peserta memasukkan bagian bawah badan ke dalam karung goni, kemudian berlomba mencapai garis finish. Lomba ini adalah pengibaratan kesulitan rakyat Indonesia pada zaman penjajahan. Makna yang bisa dipetik adalah usaha gigih untuk mencapai tujuan, walau harus jatuh-bangun dan terluka.

3. Balap Bakiak

Lomba ini menggunakan sepasang bakiak untuk digunakan bersama-sama seluruh anggota tim, sekitar 3-4 orang. Melihat mekanisme perlombaannya yang membutuhkan keterampilan untuk bekerja dengan tim, membuat lomba balap bakiak jadi ajang yang tepat untuk menumbuhkan semangat gotong royong.

4. Makan Kerupuk

Perlombaan ini sangat populer di momen 17-an. Para peserta berlomba menghabiskan kerupuk yang digantung, dengan tangan diikat ke belakang. Rasanya sangat menantang, tapi tetap seru untuk dilakukan.

Lomba ini menggambarkan masyarakat Indonesia yang tetap semangat berjuang walaupun banyak rintangannya. Tidak hanya itu saja, lomba makan kerupuk juga menggambarkan kesulitan akan pangan, sandang, dan papan di masa penjajahan.

5. Tarik Tambang

Permainan 17-an yang satu ini membutuhkan 2 tim untuk bertanding menarik tali tambang sekuat mungkin. Tim pertama yang berhasil menarik sampai ujung batas adalah pemenangnya.

Tarik tambang menggambarkan kekuatan yang terbatas ketika kita bekerja secara tim. Saat kita tidak mampu untuk mengerjakan sesuatu sendiri, jangan ragu untuk minta tolong!

Setiap lomba memang memiliki fiolosofi masing-masing. Namun, pada intinya semua menggambarkan sikap pantang menyerah dan kerjasama. Lomba 17-an mana nih yang jadi favoritmu?

Jangan ragu untuk menyelanggarakan lomba 17-an di area komplek, sekolah, atau kantor ya! Kamu bisa andalkan mitra GoClean untuk membantu bebersih area lomba supaya tetap kinclong!

ARTIKEL TERBARU