Join Us

Join GO-JEK now and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

5 Cara Mengatasi Overheat Pada Mobil yang Penting untuk Dilakukan

5 Cara Mengatasi Overheat Pada Mobil yang Penting untuk Dilakukan

Mesin mobil overheat memang bukan perkara yang nggak mungkin terjadi. Mesin overheat terjadi ketika kondisi suhu pada mesin mobil terlalu tinggi, salah satu penyebabnya adalah perjalanan jauh yang memaksa mobil bekerja dalam waktu yang lama atau sistem pendingin mesin mobil yang bermasalah. Yuk, cek di sini cara mengatasi overheat pada mobil biar kamu nggak perlu panik.

Berhentikan Mobil di Pinggir Jalan

Ketika mobil sudah menunjukkan tanda-tanda overheat, pastikan kamu langsung berhenti di pinggir jalan dan langsung matikan mesin mobil. Hal tersebut sangat perlu dilakukan untuk mengurangi kerusakan pada mesin mobil. Jadi ini lah cara mengatasi overheat pada mobil yang pertama kali harus kamu lakukan.

Buka Kap Mesin Mobil

Cara mengatasi overheat pada mobil selanjutnya adalah langsung membuka kap mesin setelah berhenti di pinggir jalan. Biarkan panas pada mesin mobil keluar sedikit demi sedikit ketika kap mobil sudah terbuka. 

Hindari Langsung Membuka Tutup Radiator

Mengecek level air radiator memang penting untuk mengatasi overheat pada mobil, tapi jangan langsung dilakukan setelah membuka kap mobil. Kondisi tutup radiator pada saat mesin mobil overheat akan sangat panas dan berisiko melukai jari-jarimu. Tunggu beberapa menit sebelum membuka tutup radiator.

Periksa Cadangan Air Radiator

Setiap radiator pasti memiliki cadangan air, kamu harus memeriksanya ketika terjadi overheat pada mobil. Jika cadangan air kurang, isi kembali dengan air untuk radiator atau coolant yang dapat mendinginkan mesin mobil dengan cepat.

Cari Kebocoran Sistem Pendingin

Penyebab lainnya dari mobil overheat adalah terjadinya kebocoran pada sistem pendingin. Cara mengatasi overheat pada mobil selanjutnya adalah mengecek kebocoran tersebut, seperti pada radiator, kepala silinder rusak, hingga blok mesin.

Jadi kamu nggak perlu panik ketika mesin mobil mengalami overheat, pasti ada jalan untuk mengatasinya dengan tips di atas. Jangan lupa untuk terus merawat mobilmu baik dari mesin dan tentunya penampilan luarnya. Percayakan aja urusan cuci mobil kepada GoAuto, karena dijamin kinclong!

Bareng GoAuto, jasa cuci mobil online kamu bisa punya mobil kinclong tanpa harus antre di carwash. Mau? Coba cuci mobil bareng GoAuto lewat tombol di bawah ini!

ARTIKEL TERBARU