Join Us

Join GO-JEK now and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

Pusing Saat Puasa? Cek Tips Meredakannya!

Pusing Saat Puasa? Cek Tips Meredakannya!

Kepala pusing saat berpuasa terasa mengganggu. Padahal, ibadah puasa harus dijalankan dengan sempurna.

Bila di tengah berpuasa tiba-tiba kepala pusing, jangan khawatir. Berikut ini ada beberapa tips meredakan pusing saat puasa tanpa harus membatalkan puasa. Yuk simak di sini!

1. Rendam kaki di air hangat

Air hangat dapat membantu relaksasi otot-otot. Rendam kaki sambil duduk di kursi, di bagian leher taruh bantal penyangga dan rebahan selama 5-10 menit.

Jangan lupa pejamkan mata agar lebih rileks. Usai direndam, sesekali lakukan pijatan di telapak kaki dan sekitar kening untuk meringankan pusing saat puasa.

2. Kompres dingin

Redakan sakit kepala dengan mengompresnya pakai air dingin atau es batu. Langkah pertama, rendam handuk ke dalam air es. Peras lalu tempelkan handuk basah di bagian kepala yang sakit. Cara lainnya, kamu bisa taruh es batu di dalam handuk kering dan menempelkannya.

Menurut seorang dokter saraf dari Michigan Headache Clinic dr. Edmund Messina, kompres dingin bisa membantu meredakan peradangan saraf atau pembuluh darah dalam otak.

3. Hindari cahaya silau

Pusing saat puasa ternyata bisa disebabkan karena cahaya yang terlalu silau. Biasanya, terlalu lama menatap cahaya seperti layar komputer ataupun handphone bisa menyebabkan sakit kepala.

Batasi melihat cahaya silau bisa jadi solusinya. Tapi, jika memang tuntutan pekerjaan, kamu bisa sesekali berjalan-jalan cari udara segar agar mata istirahat. Bisa juga menutup tirai jendela untuk meredam cahaya silau matahari dari luar.

4. Pijat ringan

Kamu juga bisa memijat kepala dengan pijatan ringan di bagian sakit kepala. Gerakan ini bisa meringankan pusing  dengan pijatan dari arah belakang telinga ke kening.

Pijat juga di dua titik di atas mata ke arah alis untuk meredakan ketegangan di kepala. Jadi tidak perlu sampai menelan obat untuk redakan pusing saat puasa.

Jika pusing tak kunjung mereda, kamu bisa tidur sebentar untuk meringankan pusing saat puasa. Atau, pesan layanan GO-MASSAGE untuk pijat usai berbuka aja.  Yuk pesen sekarang?

ARTIKEL TERBARU