Join Us

Join GO-JEK now and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

Penjelasan Lengkap Tidur dengan Mulut Diplester

Penjelasan Lengkap Tidur dengan Mulut Diplester

Media sosial kembali dikejutkan oleh Andien Aisyah yang ternyata sudah hampir tiga bulan tidur dengan mulut diplester. Namun, apakah tidur dengan mulut diplester itu baik atau malah berdampak buruk untuk kesehatan? Yuk, simak penjelasan yang telah GO-MASSAGE rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Apa Itu Tidur dengan Mulut Diplester?

Sebenarnya, tidur dengan mulut diplester ini adalah sebagian dari teknik Buteyko Breathing. Buteyko Breathing bertujuan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas oksigen yang masuk ke dalam tubuh, yaitu suhu udara yang masuk menjadi 37 derajat celcius dan kelembapan 100% terjadi di carina yang disebut dengan isothermic saturation boundaries. Jadi, ketika mulut diplester, tubuh akan bernapas melalui hidung.

Sehatkah Tidur dengan Mulut Diplester?

Tergantung, nggak semua orang dapat melakukan tidur dengan mulut diplester. Teknik lebih tepat dilakukan untuk mereka yang mengidap asma. Tidur dengan mulut diplester akan memperbaiki pola napas pengidap asma yang biasanya cenderung melakukan hiperventilasi.

Namun, untuk mereka dengan gangguan sleep apnea atau napas yang terhenti saat tidur, sangat nggak disarankan untuk tidur dengan mulut diplester karena dapat lebih mempersulit mereka untuk bernapas. Bagi orang yang pilek atau memiliki gangguan hidung tersumbat pun juga berbahaya, karena ketika hidung tersumbat tubuh akan bernapas melalui mulut. Jika mulutnya diplester, maka tubuh pun akan sulit untuk bernapas.

Bolehkah Mengikuti Tren Tidur dengan Mulut Diplester?

Sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti tren tidur dengan mulut diplester, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Apalagi anak-anak dibawah umur limat tahun sangat nggak disarankan untuk tidur dengan mulut diplester.

Secara fisiologis, manusia memang akan bernapas dengan hidung ketika dalam kondisi normal. Beberapa kondisi khusus baru akan memicu pernapasan melalui mulut. Jadi, perlu kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika ingin mengikuti tren ini, ya. Untuk tidur yang berkualitas juga bisa kamu dapetin ketika badan dan pikiran rileks setelah pijat. Mau pijat bareng GO-MASSAGE biar rileks lagi? Yuk, klik tombol di bawah ini!

ARTIKEL TERBARU