Join Us

Join GO-JEK now and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

Hal Apa Aja Sih yang Bikin Batal Puasa?

Hal Apa Aja Sih yang Bikin Batal Puasa?

Semua orang ingin pasti ingin terhindar dari hal yang membatalkan puasa. Untuk menjalani ibadah puasa dengan sempurna berarti harus tahu pantangannya. Tapi tahukah kamu, ternyata ada beberapa hal yang bisa membatalkan puasa selain tidak boleh makan dan minum.

Banyak anggapan beredar tentang hal-hal yang dapat membatalkan puasa tersebut. Namun, apakah itu semua benar atau hanya mitos belaka? Berikut ini adalah hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Check this out!

1. Haid

Tamu bulanan termasuk hal yang dapat membatalkan puasa. Selain haid, masa nifas usai melahirkan juga membatalkan puasa. Biasanya, perempuan yang haid atau nifas akan mengganti puasa di hari lain.

2. Merokok

Proses kerja rokok adalah masuknya asap ke dalam tubuh. Sementara puasa melarang memasukkan benda ke dalam tubuh. Jadi, agar ibadah lebih sempurna, merokok pun harus dihindari konsumsinya selama puasa.

3. Suntik Vitamin

Suntik vitamin atau nutrisi dengan sengaja saat puasa juga bisa membatalkan puasa. Vitamin tersebut masuk lewat lubang suntikan ke tubuh. Sementara, esensi puasa termasuk tidak boleh memasukkan benda ke dalam tubuh.

4. Melakukan hubungan seksual

Saat berpuasa, suami istri juga tidak boleh berhubungan badan misalnya pada waktu siang hari. Hal ini jelas melanggar hukum puasa karena puasa seharusnya menahan hawa dan nafsu.

5. Bekam

Sebenarnya, teknik pengobatan bekam atau cupping masih menjadi perdebatan apakah bisa membatalkan puasa atau tidak. Namun, kalau ragu sebaiknya dihindari saja.

Proses bekam berupa penyumbatan darah, yang nantinya bisa memicu keluarnya darah dari dalam tubuh. Bila secara sengaja, berarti bisa membatalkan puasa.

Tapi, kalau memang kondisi tubuh sedang tidak fit, lebih baik melakukannya saat sudah berbuka. Kamu juga bisa pesan layanan pijat GO-MASSAGE, usai tarawih bisa langsung pijet, deh!

Semoga  hal-hal di atas bisa kamu hindari ya, biar puasa jadi makin sempurna. Jangan lupa coba after Tarawih massage bareng GO-MASSAGE malam ini, kuy!

ARTIKEL TERBARU