Join Us

Join GO-JEK now and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

7 Pengharum Ruangan Alami yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

7 Pengharum Ruangan Alami yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

Keberadaan pengharum ruangan mungkin sering terabaikan oleh sebagian besar orang. Padahal, harum wangi bakal bikin kamu betah beraktivitas di kamar, lho! Nggak perlu bolak-balik semprot air freshener, kamu bisa racik sendiri pengharum ruangan alami.


Apa saja bahan yang bisa dibikin jadi pengharum ruangan? Simak selengkapnya di bawah ini!

Kopi

Pengharum ruangan alami
Kopi sebagai pengharum ruangan alami

Bungkus biji kopi dengan kain jala, lalu letakkan di beberapa sudut ruangan. Kamu juga bisa menggantungnya di lemari baju untuk menjaga lemari baju supaya tidak apek. Keharumannya bisa bertahan hingga 7 hari. Setelah itu, kamu bisa mengganti biji kopinya. Wangi biji kopi ini pastinya bikin perasaan jadi lebih tenang.

Lemon

Pengharum ruangan alami
Manfaatkan lemon untuk mengharumkan ruangan!

Buat merasakan sensasi musim semi yang segar, kamu bisa meracik 2 buah lemon segar yang dipotong ukuran sedang, 2 batang rosemary, dan 1 sendok teh vanili. Masukkan semua bahan ke dalam panci berisi 2 liter air, lalu didihkan hingga wanginya tercium. Kemudian, simpan di dalam botol kaca yang sudah dibersihkan.

Kayu Manis

Pengharum ruangan alami
Kayu manis dan lilin

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan kayu manis sebagai pengharum ruangan alami. Pertama, kamu bisa menempelkan beberapa kayu manis mengelilingi lilin, lalu nyalakan. Hawa panas dari api akan membuat kayu manis mengeluarkan wanginya. Kedua, kamu bisa campurkan kayu manis dengan beberapa jenis bunga aromatik di dalam mangkuk bening. Ini akan menghadirkan wangi ala spa.

Citrus yang Menyegarkan

Pengharum ruangan alami
Jeruk untuk membuat ruangan segar

Kalau pengharum ruangan alami yang satu ini cocoknya untuk dijadikan spray. Kamu membutuhkan 1 buah lemon, 1 buah jeruk nipis, 1 buah jeruk, alkohol, air, wadah tertutup, dan botol parfum kosong.

Sebelum meraciknya, pertama iris dulu lemon, jeruk nipis, dan jeruk secara melintang. Kemudian tuang alkohol ke dalam wadah tertutup, dan masukkan irisan jeruk. Tutup rapat dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, kamu tinggal menuangkan air endapan ke dalam botol parfum untuk disemprotkan di rumah.

Manfaatkan Wadah Buah

Pengharum ruangan alami
Buah-buahan sebagai wadah garam

Pengharum ruangan yang satu ini sangat unik! Siapkan dulu garam laut, buah jeruk, rempah-rempah seperti kemangi, mint, atau cengkeh. Membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu membelah dua buah jeruk, dan keluarkan daging buahnya. Kemudian, isi setengah dengan garam laut, dan setengah atasnya lagi dengan rempah-rempah segar.

Tahukah kamu? Garam laut mampu mengeluarkan bau jeruk dan menghilangkan bau tidak sedap di dalam rumahmu. Daging buah jeruk yang dikeluarkan bisa kamu peras dan minum sarinya. Segar banget pasti!

Baking Soda

Pengharum ruangan alami
Baking soda

Tidak cuma untuk masak, baking soda juga bisa dimanfaatkan jadi pengharum ruangan alami, lho! Cara memakainya juga gampang, kamu bisa menaburkannya pada karpet, lalu diamkan 15 menit. Kemudian, bersihkan dengan vacuum cleaner. Ini akan membantu ruanganmu terasa lebih segar!

Essential Oil

Pengharum ruangan alami
Essential oil untuk mengharumkan ruangan

Kau bisa meneteskan essential oil pada mesin diffuser untuk dijadikan pengharum ruangan. Namun, jika tidak punya alat tersebut, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes essential oil dan air ke dalam botol spray atau parfum, lalu kocok hingga tercampur. Selanjutnya, kamu tinggal semportkan pada beberapa sudut ruangan.

Namun, 7 pengharum ruangan alami di atas tidak akan dapat bekerja maksimal jika rumahmu masih berantakan dan kotor. Bau tidak sedap akan terus bermunculan dan tidak bisa ‘disembuhkan’. Maka dari itu, sebelum memasang pengharum ruangan, bersihkan dulu rumahmu ya!

Jika kamu tidak punya banyak waktu untuk membersihkan seluruh isi rumah, segera panggil GO-CLEAN untuk membantumu. Mulai dari nyapu, ngepel, setrika, sampai dengan sikat kamar mandi, semuanya bisa! Praktis banget, kamu bisa sambil mengerjakan hal-hal lain!

Yuk, klik tombol di bawah untuk mulai memesan GO-CLEAN sebelum meracik pengharum ruangan alami favoritmu!

ARTIKEL TERBARU