Join Us

Join GO-JEK now and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

Persiapan Mobil Sebelum Mudik yang Harus Kamu Lakukan

Persiapan Mobil Sebelum Mudik yang Harus Kamu Lakukan

Tak terasa lebaran semakin dekat yang artinya mudik pun sebentar lagi. Apakah kamu salah satu yang akan mudik melalui jalan darat? Jangan lupa untuk selalu pastikan mobil udah layak jalan, ya. Cek persiapan mobil untuk mudik berikut ini!

Oli Mesin

Sebelum mudik jangan lupa untuk cek volume oli mesin dan batas kilometer pemakaian oli. Pastikan level oli berada di garis antara tanda L dan F.

Aki

Pastikan aki mobilmu dalam kondisi prima dan terpasang dengan benar. Selain itu juga cek kembali apakah air aki cukup atau nggak untuk menghindari mobil mogok di tengah jalan.

Air Radiator

Agar saat mudik bebas mogok, jangan lupa pastiakn air radiator dalam kondisi penuh. Jangan lupa untuk mengecek kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir dalam kondisi baik.

Kondisi Filter dan Selang Bensin

Pastikan nggak ada keretakan atau kebocoran di filter serta selang bensin mobilmu. Selain itu, cek pula apakah filter dan selang bensin tersumbat atau nggak.

Timing Belt

Jika timing belt sudah digunakan sejauh 50.000 km, kamu harus segera menggantinya. Walau nggak terlihat ada kerusakan, tapi jika sudah mencapai jarak tersebut sangat direkomendasikan untuk menggantinya.

Saringan Udara

Sebaiknya saringan udara dibersihkan sebelum setiap menempuh perjalanan jauh. Pengecekkan ini berguna untuk mencegah tarikan mesin berkurang, bahan bakar lebih boros, suara mesin kasar, dan mesing bermasalah.

Tekanan Angin Ban

Pastikan tekanan angin ban mobilmu dalam kondisi yang cukup. Nggak berlebih dan nggak kurang. Hal ini penting untuk dilakukan untuk mobil yang stabil saat dikemudikan pada kecepatan tinggi atau tikungan, menghemat bahan bakar, dan menghindari ban pecah mendadak.

Shock Absorber

Rute mudikmu melewati jalanan yang belum rata? Nah, pastikan shock absorber mobilmu dalam kondisi prima. Sehingga tetap nyaman walau melewati jalan yang nggak rata alias berlobang.

Minyak Rem dan Minyak Kopling

Tentunya kita semua setuju kalau rem adalah komponen vital yang harus bekerja secara optimal. Maka dari itu minyak rem harus kamu cek apakah cukup atau dalam kondisi baik atau nggak. Selain itu jangan lupa juga untuk cek minyak kopling dalam kondisi baik agar kamu bisa melakukan transmisi dengan lancar.

Lampu

Jangan sepelekan kondisi lampu mobil, apalagi kalau kamu akan berkendara pada malam hari. Pastikan lampu mobilmu dalam kondisi layak pakai. Selain lampu utama, pastikan lampu sein juga bekerja dengan baik.

Wiper

Jangan sepelekan juga wiper yang berfungsi untuk membersihkan kaca mobilmu. Dengan begitu pengemudi pun dapat melihat jalanan dengan jelas dan nggak terganggu.

Kira-kira kamu udah ngelakuin semua persiapan mobil untuk mudik di atas belum? Kalau belum dan nggak ada waktu untuk ke bengkel, langsung aja pesan GO-AUTO untuk melakukan cek kondisi mobilmu. Bisa dilakukan ketika kamu sedang kerja juga, lho. Pokoknya dijamin #AutoBeres sama GO-AUTO! Pesan lewat tombol di bawah ini, ya.

ARTIKEL TERBARU