Join Us

Join GO-JEK now and feel the benefits for you.

Driver

Join Gojek drivers and get flexible working hours and income that you can manage yourself.

Business

Register your business with Gojek and introduce your business to millions of our users.

Talent

Join to be a Gojek Partner and make this opportunity to improve your abilities and achievements.

X

10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Apakah kamu pernah mengalami AC mobil yang tiba-tiba menjadi tidak dingin? Sebenarnya penyebab AC mobil tidak dingin bukan hanya karena masalah freon, tapi ada penyebab-penyebab lainnya juga. Yuk, cari tau apa aja penyebab AC mobil tidak dingin berikut ini agar kamu bisa mengantisipasinya sejak awal.

Freon Habis atau Kurang

Penyebab utama AC mobil tidak dingin adalah freon yang habis atau kurang. Biasanya hal tersebut terjadi karena kebocoran freon yang biasa terjadi pada sambungan pipa, saft, dan relief valve pada kompresor.

Fanbelt/ Drivebelt Putus

Fanbelt berperan untuk menyalurkan putaran mesin kepada kompresor. Sehingga ketika fanbelt putus akan menyebabkan kompresor tidak berputar. Dampaknya adalah kompresor yang tidak bekerja menyebabkan freon tidak bisa bersirkulasi, kabin mobil pun akan terasa panas.

Kondensor Kotor

Kondensor AC yang kotor dan berkarat dapat menyebabkan kondensor tidak bekerja dengan maksimal untuk membuang panas dari gas bertekanan tinggi yang dilepas kompresor. Sehingga proses kondensasi tidak maksimal dan menyebabkan AC mobil tidak dingin.

Motor Extrafan Mati

Extrafan berfungsi dalam proses kondensasi pada kondensor. Sehingga, ketika extrafan mati atau berputar dengan lemah akan menyebabkan proses kondensasi tidak berjalan dengan baik dan menyebabkan AC mobil tidak dingin. Cara mengecek extrafan cukup mudah, dengan mengecek extrafan di depan kondensor apakah berputar atau tidak saat mobil dinyalakan.

Magnetic Clutch Rusak

Ketika Magnetic Clutch rusak, putus, terbakarnya spul sehingga center piece tidak terhubung dengan puli kompresor juga dapat menyebabkan AC mobil tidak dingin. Kamu dapat mengecek dengan melihat kompresor AC tidak bekerja tetapi fanbelt tetap bekerja.

Kompresor Aus

Penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya adalah kompresor AC mobil yang duah aus dan jebol. Jika Sight Glass terlihat hitam, maka dapat dipastikan terdapat masalah pada Receiver Dryer atau Expansion Valve. Selain itu tekanan AC yang tidak normal pun menjadi salah satu tanda kompresor AC rusak.

Oil Kompresor Berlebih

Volume oli pada kompresor harus dalam takaran yang pas. Jika volume oil terlalu berlebih maka ruang untuk freon berkurang, sehingga freon kurang memadai untuk mendinginkan kabin mobil.

Evaporator yang Kotor atau Tersumbat

Evaporator yang kotor dan tersumbat akibat debu dapat menghambat aluran udara yang dihembuskan blower. Akibatnya sistem sirkulasi AC menjadi kurang lancar dan menjadi tidak dingin.

Saluran Pembuangan Air Kondensasi Tersumbat

Jika terdapat kebocoran di dasbor mobil atau dasbor yang berembun ketika AC dinyalakan, maka dapat dipastikan saluran pembuangan air kondensasi tersumbat. Akibatnya AC mobil tidak dingin dan bahkan bisa menimbulkan bau tidak sedap karena karpet mobil basah.

Thermistor atau Thermostart yang Bermasalah

Thermistor Cooler atau Thermostat merupakan komponen yang terdapat did dalam evaporator. Komponen ini berfungsi untuk membaca temperatur dan suhu, lalu melanjutkan data yang diperoleh ke amplifier. Di amplifier ini lah akan ditentukan dan diatur waktu cut off dari kompresor. Ketika thermistor rusak, maka sistem AC pun akan terganggu dan menyebabkan AC mobil tidak dingin.

Semua komponen-komponen di atas harus dijaga dan rawat agar AC mobil selalu dingin. Kamu harus melakukan pemeriksaan berkala, tapi sering tidak punya waktu untuk ke bengkel? Tenang aja, GO-AUTO siap melakukan pemeriksaan mobilmu. Yuk, cek dan pesan layanan GO-AUTO lewat tombol di bawah ini. Dijamin #AutoBeres!

ARTIKEL TERBARU